Jumat, Desember 05, 2008

idealisme

bismillahirahmanirrahim
apa sebenarnya makna idealisme??
sejauh mana kita bisa memperjuangkan idealisme kita??
apa saja hal yang bisa membuat orang menghilangkan idealismenya??

saya sejujurnya sangat salut dengan orang yang memiliki idealisme yang dia pegang kokoh walaupun keadaan sudah sangat mendukungnya untuk melepaskan idealismenya. tapi, hari ini saya melihat dimana idealisme itu dikalahkan oleh keadaan. spontan saja, pandangan saya terhadap orang itu langsung berubah 180 derajat. yang tadinya saya cukup mengagumi beliau tetapi sekarang susah untuk mempercayainya. apakah benci ini disalahkan oleh agama?? saya pikir ini tidak melanggar benci yang disyariatkan oleh agama karena idealisme yang dilanggar adalah idealisme yang berkaitan dengan agama.

yang salahnya mungkin karena kebencian ini tidak hanya didasari karena pelanggaran agama saja tetapi karena adanya kekecewaan terhadap sosok orang yang pernah dikagumi. ya Allah kupasrahkan saja semua kejadian ini untuk engkau, baik dan buruknya hanyalah engkau yang tahu. kami sebagai manusia hanyai menilai ini baik dan ini buruk dari logika dan nafsu kami pribadi semata.

berat untuk menerima ini semua jika kita belum menjadi pribadi yang mukhlish. tetapi saya yakin dengan banyaknya cobaan yang dialami oleh manusia maka dia akan menjadi pribadi yang mukhlish dan rela menerima ketetapan Allah. segala kebaikan memang berasal dari engkau ya tuhanku.

Tidak ada komentar:

Mengenai Saya

bandung, jawa barat, Indonesia
cuma orang biasa